Penerapan Teknologi 5G di Berbagai Bidang

Potensi 5G akan memberikan manfaat pada aplikasi di banyak bidang seperti perawatan kesehatan, elektronik konsumen, rumah pintar, ritel, VR, perangkat yang dapat dipakai, otomotif, kota pintar, dll.

Baca postingan sebelumnya untuk 5G lebih dalam, lihat di sini: Apa itu 5G dan cara kerjanya.

Berikut ini adalah penerapan teknologi 5G di berbagai bidang:

1. Kesehatan

5G akan memperkenalkan dunia kesehatan ke wajah baru industri medis dengan perangkat canggih dan meningkatkan pengalaman perawatan kesehatan dengan tiga elemen yang meliputi IoMT, eMBB, dan pertukaran data.

2. IoMT โ€“ Internet of Medical Thins

penerapan 5G untuk kesehatan

Kumpulan perangkat medis dan aplikasi yang terhubung ke sistem IT perawatan kesehatan melalui jaringan komputer online disebut IoMT (Internet of Medical Things).

Implementasi IoMT yang luas akan menjadi vital bagi dokter karena instrumen ini dapat diandalkan untuk menangkap, mengumpulkan, dan melalui berbagai sarana elektronik secara instan untuk mendapatkan data medis seorang pasien.

Hal ini akan memudahkan menentukan aktivitas fisik dan tanda-tanda kesehatan vital lainnya.

3. Broadband Seluler yang Disempurnakan (eMBB)

Dengan kemajuan dalam industri medis ini, 5G akan menggunakan konektivitas tinggi dan kecepatan data yang meningkat secara substansial yang memungkinkan dokter untuk secara simultan mempelajari dan menganalisis data medis lebih dari satu pasien.

4. Pertukaran data atau layanan penting

5G dapat memasuki zona otorisasi perangkat dan komunikasi jaringan, dan perlindungan pesan yang sangat penting. Antarmuka udara terpadu Radio 5G Baru dirancang untuk memberikan cakupan yang dalam dan handal untuk menghubungkan sensor medis di beberapa node jaringan.

Transmisi masalah kritis seperti darurat medis akan diprioritaskan daripada siaran lainnya. Dengan memungkinkan dokter untuk melayani bantuan medis dari jarak jauh, layanan 5G yang sangat penting dalam perawatan kesehatan akan dapat menyelamatkan ribuan nyawa.

5. Elektronik Konsumen

penerapan teknologi 5G pada elektronik

Dengan dapat berkomunikasinya peralatan rumah tangga, kecepatan koneksi super cepat, mobil self-driving dan realitas Virtual menjadikan masa depan elektronik konsumen akan membawa kemudahan untuk hampir setiap gerakan yang dapat dipikirkan seseorang.

Jaringan terintegrasi, dengan bantuan teknologi nirkabel, telah menjadi kenyataan. Beberapa perubahan dalam inti telekomunikasi dan jaringan data telah mengubah cara kita memandang dunia. Dengan tren nirkabel, orang dapat terhubung satu sama lain bahkan di daerah terpencil atau pedesaan.

6. Otomasi Rumah

penerapan 5G untuk teknologi rumah pintar

Bayangkan saja semuanya bekerja sendiri. Lampu pintar berkomunikasi dengan jaringan listrik, dan mandi dengan sensor untuk memantau penggunaan air. Bayangkan kamera yang terhubung tersebar di rumah Anda. Hidup akan baik dengan 5G.

7. Ritel

Standar jaringan 5G pada tahun 2020 akan memiliki potensi untuk mendorong kemajuan dalam perjalanan belanja pelanggan dengan memanfaatkan potensi realitas Virtual, Pembelajaran AI, dan teknologi yang dapat dikenakan.

8. Realitas Virtual (Virtual Reality) yang Ditingkatkan

penerapan 5G untuk virtual reality

Kecepatan 5G yang sangat cepat akan menawarkan pengalaman VR yang lebih halus dan tidak mengganggu saat buffering dan kelambatan, dalam fitur dan konten, akan dihilangkan.

Tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam mencari tahu pembelian apa yang harus dilakukan di toko.

VR akan menyediakannya untuk Anda, cukup duduk di sofa Anda dan gunakan toko virtual untuk menelusuri, menyimpan, membeli, dan menerima pemberitahuan tentang produk yang Anda minati.

5G juga telah mengusulkan untuk meningkatkan kualitas konten VR secara luas. Toko yang menggunakan VR untuk memamerkan produk mereka di toko virtual akan mendapat manfaat dari ini, karena konsumen akan dapat melihat barang yang ditampilkan lebih jelas.

9. Peningkatan kemampuan belajar AI

penerapan 5G untuk kecerdasan buatan

5G akan membantu melakukan lompatan maju ke arah yang sama. Sekarang, pembeli akan dapat terhubung, menerima, dan mengunduh informasi (diperoleh secara online, misalnya, lokasi toko terdekat) dari asisten AI toko dengan kecepatan luar biasa tinggi.

Karena semakin banyak orang akan mulai menggunakan alat mereka, penjual juga akan mendapat manfaat dari data dan preferensi yang akan dikumpulkan oleh sistem.

Hasil yang dihasilkan oleh mesin secara bertahap akan meningkat dan wawasan yang akurat, dengan filter yang dipersonalisasi, akan direkomendasikan di masa mendatang.

10. Kemampuan Perangkat Yang Lebih dapat Dipakai

Produk yang dapat dikenakan akan secara otomatis terhubung dengan toko yang memanfaatkan teknologi 5G yang memungkinkan konsumen menerima pemberitahuan push dengan penawaran yang dipersonalisasi, yang akan mendorong penjualan dan membuat kunjungan toko lebih disesuaikan dengan kebutuhan mereka.

11. Otomasi Industri

penerapan 5G untuk otomasi industri

Sebagian besar analis setuju bahwa manufaktur pintar kemungkinan akan mewakili bagian terbesar dari pendapatan pasar untuk Internet of Things (IoT) dalam waktu dekat.

Pabrikan pintar bergantung pada otomasi industri, yang sangat bergantung pada penggunaan robot dan kecerdasan mesin. Pabrik masa depan akan direalisasikan melalui digitalisasi proses pembuatan dan pabrik, yang akan diaktifkan oleh jaringan 5G dan semua blok bangunan mereka.

5G bekerja sama dengan otomasi industri akan meningkatkan interaksi antara manusia dan robot dan bahkan antar mesin.

Keandalan tinggi dan latensi rendah dalam 5G akan membawa transformasi dalam industri manufaktur dari produksi massal ke kustomisasi massal melalui operasi pabrik yang didigitalkan.

12. Bangunan Cerdas dan Infrastruktur

5G digunakan untuk melayani kebutuhan dasar : tempat tinggal, kontrol suhu, dan keselamatan menjadi efisien selama bertahun-tahun.

Tetapi bangunan yang kita miliki saat ini, atau bangunan lama yang sekarang telah dikonversi menjadi bangunan pintar, terus berubah.

Bangunan cerdas adalah struktur yang memanfaatkan proses otomatis secara luas untuk mengelola dan menangani operasi gedung secara otomatis.

Semuanya mulai dari pemanasan, ventilasi, pendingin udara, penerangan, keamanan, dan sistem lainnya dijaga tanpa bantuan manusia dalam bangunan cerdas.

Bangunan tersebut menggunakan sensor, aktuator, dan microchip untuk mengumpulkan data dan informasi yang diperlukan yang penting untuk mengelola fungsi dan layanan gedung.

Infrastruktur ini membantu pemilik, operator, dan manajer fasilitas memantau kinerja dan menemukan faktor-faktor yang selanjutnya membantu meningkatkan keandalan aset.

Lebih lanjut, ini mengurangi penggunaan energi, mengoptimalkan bagaimana ruang digunakan, dan meminimalkan dampak lingkungan dari bangunan.

13. Energi & Utilitas

Tidak diragukan lagi, 5G lebih hemat biaya dan hemat energi jika dibandingkan dengan generasi teknologi nirkabel yang ada hingga saat ini. Ini akan membuat definisi sendiri tentang kontribusi yang akan dimilikinya dalam penghematan energi.

Langkah lain menuju kota pintar adalah penerima manfaat berikutnya dari 5G, lampu pintar yang akan mengendalikan diri mereka pasti akan berdampak pada energi.

Mengetahui kapan harus meredupkan cahaya dan kapan harus meningkatkan intensitasnya, dengan merasakan jumlah pejalan kaki yang ada di jalan, lampu pintar tidak hanya akan menghemat daya tetapi juga mengurangi polusi cahaya, sekaligus menjaga tetangga tetap aman.

Lampu pintar telah diluncurkan di kota-kota besar. Melalui sistem ini, diperkirakan akan menghemat puluhan miliar setiap tahun dengan pemasangan lampu jalan hemat daya ini.

Pencahayaan pintar yang terhubung ke jaringan broadband kota juga dapat membantu memantau kualitas udara lokal. Memiliki tingkat konektivitas dengan pencahayaan LED pintar, biaya perawatan sistem pencahayaan juga dapat dikurangi.

14. Industri otomotif

penerapan 5G untuk otomotif

5G adalah teknologi penting jika kita berbicara tentang industri otomotif karena perusahaan besar sedang meneliti dan berinvestasi dalam mobil, lebih dari sebelumnya.

Penguatan tren ini akan diamati jika kita terus bergerak menuju lingkungan mengemudi yang otonom.

5G akan menjadi bendera hijau dalam kesuksesan untuk mobil yang terhubung dan kendaraan otonom karena akan dapat berkomunikasi hampir seketika satu sama lain, bangunan, infrastruktur di sekitar mereka dan dunia yang berjalan bersama.

Karena mobil otonom akan membebaskan pengemudi dan orang-orang di dalam mobil dari memeriksa di jalan, lebih banyak bandwidth jaringan akan diperlukan karena penumpang akan memiliki lebih banyak waktu luang untuk digunakan.

Selain itu, Mobil 5G dapat menambahkan lebih banyak layanan, aplikasi baru, dan fungsi di dalam mobil yang akan membantu industri otomotif memanfaatkan layanan bernilai tambah baru dan secara bersamaan akan membuat perjalanan penumpang menjadi lebih baik dan menyenangkan.

15. Keamanan & Pengawasan Publik

keamanan teknologi 5G

Industri keamanan akan memiliki serangkaian peluang baru dengan penyebaran 5G.

Keamanan jaringan yang lebih cepat dan lebih kuat berarti lebih banyak perangkat dan sistem otonom terhubung yang didukung dengan gambar yang memiliki kualitas lebih baik dan video dengan streaming yang lebih cepat.

Semua peralatan untuk pengawasan, di era internet teknologi, akan saling berhubungan yang akan memberi perusahaan keamanan lebih banyak data untuk dianalisis dan membuat keputusan.

Ini, selanjutnya, akan mengarah pada pembuatan strategi melalui analisis data. Forum Ekonomi Dunia menggambarkan 5G sebagai Revolusi Industri Keempat. Qualcomm mengklaim bahwa 5G akan lebih besar dari listrik.

5G akan menghasilkan miliaran dolar melalui aliran pendapatan yang belum direalisasi. Semua raksasa telekomunikasi termotivasi untuk mewujudkan teknologi 5G.

Tinggalkan komentar