Hp Yang Siap Menggunakan Jaringan 5G

Operator terus membangun jaringan 5G, dan jajaran ponsel 5G terbaik yang dapat memanfaatkan kecepatan lebih cepat terus tumbuh. Namun, lebih dari setahun setelah jaringan 5G pertama diluncurkan orang masih berjuang untuk menjelaskan apa itu 5G.

Kecepatan 5G yang lebih cepat dan latensi yang lebih rendah ditetapkan untuk mengantarkan pada era dengan unduhan sekejap mata, pengalaman realitas virtual yang mendalam dan penggunaan baru yang bahkan belum pernah kita bayangkan.

Jika Anda bisa mendapatkan sinyal 5G, Anda akan melihat peningkatan kinerja melalui jaringan LTE (alias 4G). Tetapi bahkan dengan perluasan jaringan, sinyal 5G belum semuanya ada di mana-mana. Dan teknologi 5G yang berbeda menghasilkan kecepatan yang berbeda.

Lanskap 5G terus berubah dan akan terus melakukannya dengan baik hingga tahun depan. Apa yang dapat kita harapkan dari 5G setelah standar jaringan baru menyelimuti lebih banyak negara dengan kecepatan lebih cepat dan latensi yang lebih rendah.

Pengertian teknologi jaringan 5G

5G adalah generasi kelima dari standar komunikasi nirkabel. Penerapan jaringan 5G akan mencakup hampir semua bidang di masa depan.

Pertama ada 2G, seperangkat standar yang mengatur panggilan telepon nirkabel. Web seluler belum ada.

Kemudian 3G tiba, memungkinkan untuk berselancar di internet menggunakan smartphone. 4G menghadirkan kecepatan yang memungkinkan streaming video dan seluruh ekonomi aplikasi yang membutuhkan konektivitas yang berkelanjutan dan andal.

Pada 2017, Proyek Kemitraan Generasi ke-3, kelompok yang menciptakan aturan untuk konektivitas nirkabel, mengeluarkan standar non-stand alone untuk 5G, yang memungkinkan 5G untuk hidup berdampingan dengan 4G.

Dalam dua tahun sejak itu, pengembang infrastruktur seperti Ericsson dan Nokia telah bekerja dengan empat operator nirkabel utama untuk membangun jaringan 5G dan mengujinya dengan perangkat yang dilengkapi dengan radio 5G yang memenuhi standar baru.

Standar baru membutuhkan perangkat baru. Perangkat baru itu dapat mencapai kecepatan unduhan 1 Gbps dan secara teoritis mencapai puncak 10 Gbps.

Itu berarti Anda akan dapat mengunduh film berdurasi penuh dalam hitungan detik. Kita belum melihat ponsel 5G yang mampu kecepatan gigabit dalam pengujian, tetapi berbeda-beda tergantung operator dan kota.

 Cara kerja jaringan 5G

Tulang punggung standar 5G terdiri dari spektrum rendah, sedang dan tinggi. Jaringan 5G beroperasi pada frekuensi yang berbeda dengan sub-6 GHz dan gelombang milimeter (20-60 GHz) di ujung spektrum rendah dan tinggi.

Operator sudah menggunakan spektrum sub-6 untuk jaringan LTE yang ada, dan sekarang mereka membutuhkan lebih dari itu untuk membangun 5G. Frekuensi gelombang milimeter sebelumnya tidak digunakan, dan munculnya 5G telah memberi operator akses ke spektrum yang akan memungkinkan kecepatan lebih cepat yang kita harapkan dengan standar baru.

Tetapi mmWave memiliki beberapa kelemahan: Karena frekuensinya sangat tinggi, gelombang tidak dapat menempuh jarak yang jauh. Bahkan tidak dapat melakukan perjalanan melalui jendela atau bangunan. Itu berarti perangkat yang beroperasi pada jaringan berbasis mmWave, seperti Verizon, T-Mobile dan jaringan 5G AT&T, harus sangat dekat dengan simpul 5G untuk menangkap sinyal.

Kapan kita bisa mengharapkan hp 5G?

AT&T, Verizon, T-Mobile dan Sprint semuanya telah meluncurkan jaringan 5G di AS, tetapi ada beberapa kelemahan. Pertama, hanya ada segelintir smartphone yang kompatibel dengan 5G di pasaran, meskipun jumlah itu terus bertambah . Cakupan sekarang menjangkau area yang lebih luas – setidaknya jika Anda menggunakan AT&T atau T-Mobile – meskipun kecepatannya hanya lebih cepat dari 4G.

Hp yang sudah bisa menggunakan 5G

Memasuki tahun 2020 dengan setengah lusin smartphone berkemampuan 5G di pasaran: Samsung Galaxy S10 5G, Note 10 Plus 5G, OnePlus 7 Pro 5G dan OnePlus 7T Pro 5G McLaren, V50 ThinQ 5G LG dan Moto Z3 atau Moto Z4 dengan 5G Moto Mod. 

Tidak ada banyak alasan untuk membeli handset ini sekarang, karena model 5G yang lebih maju telah beredar di pasaran.

Galaxy Galaxy S20 Plus dan Motorola Edge Plus keduanya dapat terhubung dengan jaringan 5G Verizon. 

Galaxy S20, Galaxy S20 Plus dan Galaxy S20 Ultra telah memimpin muatan tahun ini pada ponsel 5G ketika mereka debut di tahun ini.

S20 Plus dan S20 Ultra dapat bekerja dengan semua jenis jaringan 5G, baik itu dibangun di atas gelombang mm atau spektrum rendah hingga midband. Untuk S20, Verizon menawarkan edisi khusus – Galaxy S20 UW – yang bekerja dengan jaringan berbasis mmWave.

Sedangkan untuk ponsel 5G lainnya, LG V60 ThinQ juga tersedia sekarang, bersama dengan OnePlus 8 dan Motorola Edge Plus. Semua perangkat ini ditenagai oleh Snapdragon 865, prosesor berkemampuan 5G yang memulai debutnya pada akhir tahun lalu.

Chips Chipset Snapdragon 865 dan 765 dari Qualcomm seharusnya berarti lebih banyak ponsel siap-5G pada tahun 2020. 

Anda akan melihat Apple belum disebutkan. Itu karena perusahaan memutuskan untuk melewati konektivitas 5G dengan peluncuran iPhone 11 musim lalu.

Itu berubah dengan iPhone 12, dengan keempat model dilaporkan menampilkan konektivitas 5G. Itu bisa menjadi dorongan kebutuhan 5G, bahkan jika model iPhone 12 yang lebih murah mungkin tidak mendukung 5G berkecepatan lebih tinggi.

5G untuk Virtual Reality dan Augmented Reality

Latensi yang lebih rendah akan membuat augmented reality dan virtual reality lebih bermanfaat, karena tidak akan ada kelambatan.

Kacamata AR dan headset VR belum menembus arus utama, tetapi perusahaan teknologi bertaruh bahwa perangkat ini pada akhirnya akan menggantikan smartphone kita. Dengan 5G, itu sebenarnya bisa terjadi.

Qualcomm merilis prosesor realitas campuran XR2 dengan konektivitas 5G, dan pada akhir Februari, meluncurkan desain referensi yang dibangun di sekitar chip yang katanya akan mempercepat pengembangan pengalaman realitas campuran baru.

Di antara cara-cara 5G dapat mengubah hidup Anda, sekolah dapat memanfaatkan pengalaman virtual dan augmented reality yang akan membawa konsep keluar dari buku teks dan menjadi kehidupan nyata bagi siswa.

Konektivitas yang lebih cepat dan tanpa latensi juga dapat merevolusi rumah sakit, memungkinkan operasi yang dibantu holografi. Di jalan, 5G bisa membuat mobil self-driving lebih aman, karena komunikasi antara kendaraan dan infrastruktur akan menjadi instan.

 Ini tidak akan terjadi dalam semalam, tetapi mengharapkan perubahan besar berkat 5G dalam lima tahun ke depan. Amon dari Qualcomm memperkirakan bahwa akan ada 200 juta pelanggan 5G pada akhir tahun 2020, dan bahwa akan ada 2,8 miliar koneksi 5G pada tahun 2025. 

Apa yang akan terjadi pada 4G?

Tidak seperti konektivitas generasi sebelumnya, 4G dan 5G akan hidup berdampingan. Ketika perangkat Anda menjatuhkan sinyal 5G, itu akan jatuh kembali pada LTE. 

Ini akan sangat berguna di wilayah negara di mana jaringan 5G akan membutuhkan waktu lebih lama untuk bangkit.

Jaringan 4G yang ada juga akan berperan dalam operator membangun cakupan 5G mereka, karena teknologi seperti berbagi spektrum dinamis akan memungkinkan operator untuk berbagi spektrum mereka antara penggunaan 4G dan 5G.

Dan operator peningkatan membuat jaringan mereka untuk mempersiapkan peluncuran 5G nasional akan membuat 4G lebih baik juga. 

Prospek 5G di masa depan

Secara keseluruhan, 2019 adalah tahun di mana 5G mulai lepas landas, tetapi 2020 adalah ketika jaringan generasi berikutnya akan memiliki dampak yang berarti pada masyarakat. 

4.7/5 - (21 votes)

Tinggalkan komentar