kelebihan dan kekurangan 5g

Kelebihan dan Kekurangan Jaringan 5G

Posted on

Dengan evolusi smartphone dan internet of things (IoT) dari waktu ke waktu, hal itu menghasilkan data lebih dari sebelumnya. Sedangkan 4G tidak membuktikan kapasitas yang cukup untuk mengelola begitu banyak data, sehingga kedatangan jaringan 5G akan sangat membantu.

Jaringan generasi ke-5 akan 10 kali lebih cepat dari 4G LTE. Jadi, semua yang berjalan di internet akan menjadi lebih cepat secara besar-besaran, mengurangi waktu output di masa depan.

Dengan kata sederhana, penerapan 5G akan menjadi teknologi terdepan di masa depan. Teknologi nirkabel generasi ke-5 akan segera membawa perubahan besar dalam kehidupan sehari-hari Anda dengan penerapannya di seluruh dunia.

Kelebihan jaringan 5G

1. Jaringan yang super cepat

Setelah 5G ditemukan, beberapa operator mulai menghabiskan waktu untuk penelitian dan bagaimana menghasilkan manfaat 5G.

Jaringan seluler generasi ke-5 tidak hanya menghadirkan kecepatan luar biasa, tetapi memiliki lebih banyak kemampuan mulai dari mengembangkan industri obat, otomasi mobil (tanpa pengemudi), kemajuan Kecerdasan Buatan dan integrasi rumah pintar.

Namun untuk saat ini, penyebaran dibatasi hingga titik tertentu. Banyak yang mengkritik 5G karena biaya yang diproyeksikan sangat mahal. Dan ada beberapa yang telah menunjukkan keprihatinan serius tentang radiasi 5g yang dapat menyebabkan kanker.

Pada awalnya, 5G berencana untuk menggunakan spektrum frekuensi super tinggi karena jangkauannya lebih pendek tetapi berpotensi tinggi untuk mendistribusikan terowongan besar untuk akses online.

Jika Anda membandingkan kecepatan, 5G tidak lebih dari 30 detik untuk mengunduh film, sedangkan 4G akan membutuhkan lebih dari 10 menit untuk melakukan pekerjaan yang sama.

Tetapi karena jarak yang lebih pendek, operator akan menggunakan spektrum frekuensi yang lebih rendah sehingga bisa kaya melintasi jarak yang lebih besar dan sebagian besar hambatan dalam perjalanan.

Jaringan seluler generasi 5G akan menggunakan panjang gelombang yang berbeda. Ini akan menggunakan gelombang milimeter yang relatif lebih pendek dari panjang gelombang generasi ke-4. Itu dapat membawa data yang kuat jauh lebih cepat jika panjang gelombang lebih pendek.

Panjang gelombang 4G memiliki jangkauan 10 mil, sedangkan 5G hanya akan memiliki panjang gelombang 1.000 kaki untuk memastikan bahwa itu tersedia dan dapat diandalkan. Dan untuk menyediakan komunikasi kepada semua orang, biaya proyek akan melebihi ratusan miliar.

Manfaat jaringan 5G akan membantu masyarakat umum serta bisnis dan pemerintah negara.

2. Network slicing

Seperti yang sudah kita ketahui, jaringan 5G akan memberi kita banyak manfaat mengenai kecepatan, latensi, kapasitas, serta opsi “Network Slicing”. Ini adalah opsi untuk membuat jenis subnetwork yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik tertentu.

Opsi ini memberikan beberapa karakteristik khusus dan koneksi ke penggunanya. Ini dapat membantu pengguna untuk menghindari masalah di jaringan 5G.

Kapasitas, 5G memungkinkan lebih banyak pengguna untuk terhubung ke internet, namun koneksi internet tetap cepat dan stabil selama penggunaan banyak pengguna.

Jadi, dalam praktiknya, ketika Anda berada di acara olahraga yang ramai dan ingin berbagi video langsung di media sosial, Anda akan dapat melakukannya tanpa mengalami internet yang lambat atau mengganggu koneksi.

Saat Anda membagikan video, banyak orang lain di tempat yang sama akan dapat melakukannya atau melakukan panggilan video berkualitas tinggi dan tanpa gangguan.

Ini berarti bahwa tidak ada yang akan mengganggu orang lain dalam menggunakan perangkat mereka, dan semua orang akan memiliki koneksi internet yang baik.

3. Latensi yang rendah

Gelombang 5G mm dapat mencapai tingkat latensi kurang dari 1 mikrodetik yang akan menghasilkan koneksi langsung, mengurangi beban lalu lintas dibandingkan dengan jaringan sebelumnya.

Latensi 5G cenderung mengarah ke nol, jadi pada saat Anda mengirim beberapa konten ke teman Anda, pada saat yang sama perangkat teman Anda akan menerima konten.

Latensi yang lebih rendah akan memungkinkan orang memiliki banyak manfaat seperti menyelamatkan nyawa di sisi lain planet ini.

Dalam praktiknya, ini berarti bahwa dokter akan mengontrol instrumen dari jarak jauh selama operasi dan latensi rendah ini akan memungkinkan melakukan langkah-langkah prosedur saat ini. Ini berdampak pada beberapa bidang lain, seperti industri atau transportasi.

4. Kecepatan, jaringan 5G akan memungkinkan 20 Gigabit per detik

kecepatan jaringan 5G

Dengan kecepatan seperti ini, kita akan dapat mengakses semua file, tanpa menunggu, dan mengunduh film hanya beberapa detik juga dimungkinkan.

Selain itu, sistem Cloud akan diaktifkan sehingga perangkat tidak lagi tergantung pada memori internal mereka. Tidak perlu lagi menyimpan data karena semua ini akan dilakukan di Cloud. 

5G akan menyediakan pembentukan bandwidth lebar beresolusi tinggi dan dua arah. Ini dapat membawa konektivitas yang konsisten dan tidak terputus di seluruh dunia.

5. Teknologi ini akan membawa semua jaringan dalam satu platform.

5G menggantikan 4G

Generasi ke-5 akan menawarkan data penyiaran besar (Gigabit) yang dapat dengan mudah mendukung lebih dari 60.000 koneksi.

Sebelumnya dan modern, kedua generasi dapat mengatasi mode komunikasi 5G seluler.

Berbagai layanan secara bersamaan, seperti mengunduh video dan menggunakan layanan lokasi saat berbicara dengan seseorang.

Ini akan menjadi wajib bagi banyak industri seperti industri kesehatan, mobil tanpa pengemudi, rekayasa rumah pintar, dan kemajuan dalam aplikasi kecerdasan buatan.

5G memiliki potensi untuk mengubah hidup kita dari banyak aspek yang akan lebih baik diperhatikan ketika 5G tersedia untuk semua.

Kekurangan jaringan 5G

Teknologi generasi ke-5 masih dalam penelitian dan berkembang terpisah dari satu-satunya operator Verizon. Perangkat lama mungkin tidak kompatibel dengan jaringan seluler generasi ke-5.

Mengembangkan dan menerapkan infrastruktur 5G dapat menghabiskan biaya lebih dari 100 miliar dolar yang mengakibatkan harga tinggi untuk koneksi 5g.

Masalah Keamanan dan Privasi harus diperiksa ulang sampai sempurna.

5G akan membutuhkan insinyur yang mahir dan mahal untuk menanamkan jaringan 5G dan memeliharanya dengan baik.

Ini akan berdampak pada kehidupan orang-orang jika kita mempertimbangkan fakta bahwa banyak perangkat, yang kita miliki saat ini tidak dapat mendukung jaringan ini.

Ini berarti bahwa hampir setiap perangkat perlu diganti, tetapi perangkat baru akan dikenakan biaya banyak. Ini akan menyebabkan pengeluaran lebih banyak uang, dan tidak semua orang mampu membelinya.

Beberapa masalah muncul tentang pengiriman gelombang udara frekuensi tinggi yang digunakan jaringan ini.

Mereka tidak dapat melakukan perjalanan melalui permukaan yang keras dan sel-sel harus dipasang di semua tempat dengan jaringan 5G untuk memungkinkan menggunakannya tanpa gangguan.

Setiap teknologi atau produk selalu mengandung kelebihan dan kekurangan. Tantangannya adalah untuk mengatasi ketidakpastian dan biaya proyek.

Sementara beberapa negara telah meluncurkan koneksi 5G seperti Verizon dan T-Mobile, ada banyak negara lain yang masih asik dengan perlombaan untuk menghadirkan teknologi zaman sekarang kepada kita. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.