Manfaat dan Fitur-Fitur Jaringan 5G tahun 2021

Teknologi 5G merupakan layanan jaringan seluler generasi ke-5, yang direncanakan untuk digunakan setelah jaringan generasi ke-2, ke-3 dan ke-4.

Ini pada dasarnya berjalan pada 3 bagian spektrum yang berbeda untuk menciptakan layanan yang super cepat dan andal.

Anda dapat mengandalkan sepenuhnya pada komunikasi, pada akhirnya penerapan teknologi 5G akan mengarah pada teknologi inovatif yang mencakup produk dan layanan yang lebih maksimal.

Fitur-fitur jaringan 5G

Berikut adalah fitur-fitur utama teknologi 5G:

1. Kecepatan lebih cepat

5G diatur menjadi jauh lebih cepat daripada jaringan generasi sebelumnya, beberapa mengatakan sebanyak 100 kali lebih cepat dari jaringan 4G yang ada. Untuk lebih spesifik, 5G dapat menawarkan kecepatan secepat 10Gb / detik.

Ini berarti kemampuan untuk mengunduh film full HD dalam waktu kurang dari 10 detik pada jaringan 5G, dibandingkan dengan 10 menit pada 4G. Beberapa perkiraan melihat 5G lebih cepat dari itu. Hp dengan jaringan 5G tentunya akan menjadi sangat cepat.

2. Latensi Rendah

5G juga akan memiliki latensi yang jauh lebih rendah. Kita akan melihat jauh lebih sedikit keterlambatan saat kita menggunakan ponsel dan perangkat lain.

Dengan jaringan 4G, latensi biasanya sekitar 40-50 milidetik. Dengan 5G itu harus 1 milidetik atau kurang, yang tidak dapat dideteksi oleh pengguna.

3. Kapasitas lebih besar

5G akan memiliki kapasitas lebih besar, yang berarti jaringan akan dapat mengatasi lebih baik dengan banyak aplikasi permintaan tinggi sekaligus, dari mobil yang terhubung dan perangkat IoT (Internet of Things) hingga pengalaman realitas virtual dan streaming video HD secara bersamaan.

4. Keandalan

5G diharapkan menjadi ‘sangat andal’, yang berarti tidak ada panggilan atau konektivitas yang terputus, yang akan memungkinkan kasus penggunaan yang lebih ‘kritis’ seperti yang terkait dengan kesehatan digital dan mobil yang terhubung.

5. Fleksibilitas

Jaringan 5G lebih fleksibel, pemotongan jaringan memungkinkan jaringan fisik dibagi menjadi beberapa jaringan virtual sehingga operator dapat menggunakan ‘irisan’ yang tepat tergantung pada persyaratan kasus penggunaan.

Manfaat 5G 

Berikut adalah beberapa manfaat 5G yang sangat menguntungkan:

1. Produktifitas

cara kerja jaringan 5G

 Manfaat utama 5G dapat membantu bisnis bekerja lebih cepat dan lebih efisien – pada gilirannya, menghemat biaya dan meningkatkan pendapatan.

2. Bekerja jarak jauh

Meskipun pekerjaan jarak jauh telah menjadi agenda bisnis selama lebih dari satu dekade, itu belum cukup berjalan sebanyak yang dipikirkan orang. Sementara bagian dari ini adalah masalah budaya dalam bisnis, itu juga menjadi masalah teknologi.

Panggilan konferensi masih cukup kaku dan sering canggung, misalnya. AR, VR, dan konektivitas tanpa batas dapat membuat rapat jarak jauh terasa seolah-olah Anda berada di ruangan yang sama akhirnya.

Dengan 5G, bisnis akan memiliki akses tak terputus yang konstan ke koneksi internet yang cepat dan andal. 

3. Inovasi pedesaan

Banyak negara akan memanfaatkan 5G untuk lebih menghubungkan komunitas pedesaan, memungkinkan lebih banyak orang untuk memulai bisnis dari rumah dan membuka peluang.

Hal ini sedang diupayakan antara sektor swasta, pemerintah dan akademisi, sedang menjajaki peluang bisnis pedesaan yang dimungkinkan oleh 5G, seperti pertanian, penyiaran, dan utilitas.

4. AR / VR

penerapan 5G untuk virtual reality

Aplikasi augmented reality dan virtual yang diharapkan dapat didukung oleh 5G dapat memiliki aplikasi signifikan di berbagai industri – terutama ritel, properti, hiburan, permainan, manufaktur, dan pariwisata. 

5. Jaringan yang disesuaikan

Dengan pengirisan jaringan, akan dimungkinkan bagi suatu bisnis untuk secara praktis memiliki jaringan 5G pribadi mereka sendiri, yang dibuat dengan tepat sesuai dengan kebutuhan spesifik bisnisnya.

5G tentu akan memiliki kapasitas yang jauh lebih besar di rentang spektrum yang jauh lebih luas, tetapi juga akan menggunakan ruang itu dengan lebih cerdas, hanya menetapkan sumber daya yang diperlukan untuk setiap aplikasi.

6. Biaya lebih rendah

Pergeseran dari perangkat keras ke lingkungan jaringan berbasis perangkat lunak akan menghasilkan overhead yang lebih rendah untuk operator seluler. Penghematan itu pada gilirannya akan dapat diteruskan ke pelanggan bisnis.

7. Ruang kantor yang fleksibel

Smart Building akan dapat menggunakan sensor radio kecil untuk memantau hunian, pencahayaan, dan suhu. Rekaman CCTV dari ruang kantor tersebut akan dapat disiarkan langsung ke perangkat seluler.

Secara keseluruhan, ini akan membantu menyediakan ruang kerja yang lebih fleksibel, efisien, aman, dan akhirnya lebih murah bagi usaha kecil untuk beroperasi.

8. Perjalanan lebih mudah

Transportasi cerdas dan otomatis, yang akhirnya diaktifkan oleh jaringan seluler yang stabil dan cepat, akan memastikan bahwa tidak ada banyak waktu yang terbuang dalam perjalanan.

Bahkan saat menggunakan transportasi yang lebih efisien ini, konektifitas seluler yang cepat pada transportasi umum akan memungkinkan karyawan untuk bekerja lebih efektif selama perjalanan dan perjalanan di luar kantor lainnya.

Ini adalah beberapa contoh bagaimana industri tertentu dapat memperoleh manfaat berkat 5G.

9. Kesehatan

penerapan 5G untuk kesehatan

Layanan seperti bedah robotik dan jarak jauh berkembang pesat. Pemantauan pasien jarak jauh dan akses catatan pasien juga maju dengan cepat.

Harapannya adalah bahwa layanan seperti ini akan membebaskan sumber daya dan menawarkan kenyamanan, kemandirian dan pilihan yang lebih besar bagi pasien.

Mengubah industri perawatan kesehatan juga akan menawarkan peluang bisnis baru untuk berbagai jenis bisnis, termasuk perusahaan telekomunikasi, pengembang aplikasi, perusahaan farmasi, produsen perangkat yang dapat dipakai, organisasi kesehatan pemerintah, perusahaan asuransi dan banyak lagi.

10. Pabrikan

Perusahaan manufaktur di seluruh dunia menghadapi tekanan untuk menghasilkan produk lebih cepat dan lebih murah.

Selain itu, produk seringkali menjadi lebih kompleks juga. Pada saat yang sama, beberapa industri memiliki tenaga kerja yang menua dan khawatir akan berkurangnya keterampilan.

5G diharapkan untuk mengantarkan otomatisasi yang belum pernah ada sebelumnya di bidang manufaktur, menciptakan pabrik-pabrik pintar yang akan membuat proses lebih efisien dan memangkas biaya.

Ini juga, tentu saja, membawa risiko kehilangan pekerjaan dan tidak peduli apakah otomasi industri akan membuat orang kehilangan pekerjaan atau membebaskan mereka untuk melakukan tugas yang lebih kreatif.

Augmented reality, diaktifkan oleh 5G, juga akan membawa manfaat bagi produsen, membuka peluang lebih lanjut untuk kembar digital dan pemeliharaan jarak jauh, misalnya.

11. Angkutan

penerapan teknologi 5G pada elektronik

5G diharapkan mengantar kendaraan yang bisa mengemudi sendiri, serta membuat lampu lalu lintas yang cerdas menjadi lebih cerdas, mengurangi waktu menunggu dalam lalu lintas. Secara teori, di masa depan, orang akan dapat bekerja saat mereka bepergian dengan mobil.

Pengangkutan dan logistik juga harus mendapat manfaat. Mengaktifkan komunikasi kendaraan-ke-kendaraan dengan latensi rendah dan kendaraan ke infrastruktur infrastruktur di pinggir jalan adalah pendorong utama untuk penyebaran 5G.

Truk dan lori yang tidak memiliki pengemudi diperkirakan akan berada di jalan dalam 10 tahun ke depan. Uji coba di jalan umum sedang berlangsung di banyak daerah termasuk AS dan Uni Eropa.

 12. Ritel

Pengalaman belanja AR Mobile akan merevolusi ritel, dengan pelanggan dapat memvisualisasikan produk di lingkungan lokal.

Di dalam toko, AR akan memungkinkan pembeli untuk melihat informasi tambahan tentang suatu produk hanya dengan mengarahkan ponsel mereka kepadanya.

Bisnis ritel juga akan mendapat manfaat dari sistem alokasi parkir pintar yang terhubung, yang akan membantu mendorong lebih banyak pelanggan potensial ke daerah perkotaan.

Sesuatu yang serupa sudah digunakan dengan sukses di Eropa, tetapi dengan konektivitas 5G, sistem pintar seperti itu bisa menjadi jauh lebih luas.

Dan konektivitas 5G yang ditingkatkan akan mendorong penemuan bisnis lokal, dan eksplorasi online aplikasi dan layanan mereka dari perangkat pintar pengguna. 

5G diperkirakan akan membawa keuntungan bagi semua kalangan, meskipun itu tidak akan terjadi dalam semalam.

Tinggalkan komentar