Apa Itu Teknologi 5G Dan Cara Kerjanya

Pada postingan ini kita akan membahas mengenai jaringan 5G, mulai dari apa pengertiannya, bagaimana cara kerjanya, dan apa saja kelebihan-kelebihan jaringan ini dibandingkan dengan teknologi yang sebelumnya.

Apaitu 5G?

5G adalah generasi kelima dari jaringan seluler, sebagai lanjutan dari generasi sebelumnya ada 2G, 3G, 4G lalu sekarang muncul teknologi baru bernama 5G

Jaringan 5G diatur untuk menawarkan kecepatan koneksi yang jauh lebih cepat daripada jaringan sebelumnya. Selain itu, lebih dapat diandalkan dengan waktu respons yang lebih rendah dan kapasitas yang lebih besar.

Teknologi 5G menyatukan banyak standar yang ada dan melintasi berbagai teknologi dan industri sebagai pendukung Industri 4.0.

Bagaimana cara kerja 5G?

cara kerja jaringan 5G

Sistem komunikasi nirkabel menggunakan frekuensi radio yang juga dikenal sebagai spektrum untuk membawa informasi melalui udara.

5G beroperasi dengan cara yang sama, tetapi menggunakan frekuensi radio yang lebih tinggi yang tidak berantakan.

Hal ini memungkinkannya untuk membawa lebih banyak informasi dengan kecepatan yang jauh lebih cepat. Pita-pita yang lebih tinggi ini disebut ‘gelombang milimeter’ (mmwaves).

Gelombang ini sebelumnya tidak digunakan tetapi telah dibuka untuk lisensi oleh regulator. Sebagian besar tidak tersentuh oleh publik karena peralatan untuk menggunakannya sebagian besar tidak dapat diakses dan mahal.

Frekuensi yang lebih tinggi lebih cepat dalam membawa informasi, mungkin ada masalah dengan pengiriman jarak jauh. Kadang mudah terhalang oleh benda-benda fisik seperti pohon dan bangunan.

Untuk menghindari tantangan ini, 5G akan menggunakan beberapa antena input dan output untuk meningkatkan sinyal dan kapasitas di seluruh jaringan nirkabel.

Teknologi ini juga akan menggunakan pemancar yang lebih kecil. Ditempatkan pada bangunan dan infrastruktur jalan, bukan menggunakan tiang tunggal yang berdiri sendiri. Perkiraan saat ini mengatakan bahwa 5G akan dapat mendukung hingga 1.000 lebih banyak perangkat per meter dari 4G.

Teknologi 5G juga akan dapat ‘mengiris’ jaringan fisik menjadi beberapa jaringan virtual. Ini berarti bahwa operator akan dapat memberikan potongan jaringan yang tepat, tergantung pada bagaimana itu digunakan, dan dengan demikian mengelola jaringan mereka dengan lebih baik.

Ini berarti, misalnya, bahwa operator akan dapat menggunakan kapasitas slice yang berbeda tergantung pada kepentingannya.

Jadi, satu pengguna streaming video akan menggunakan irisan yang berbeda untuk bisnis, sementara perangkat yang lebih sederhana dapat dipisahkan dari aplikasi yang lebih kompleks dan menuntut, seperti mengendalikan kendaraan otonom.

Ada juga rencana untuk memungkinkan bisnis untuk menyewa jaringan mereka sendiri yang terisolasi untuk memisahkan mereka dari lalu lintas internet yang bersaing.

Siapa yang menemukan Jaringan 5G?

Negara pertama yang mengadopsi dalam skala besar adalah Korea Selatan, pada bulan April 2019, di mana pada saat itu ada sekitar 224 operator di 88 negara di seluruh dunia yang berinvestasi dalam teknologi ini.

Di Korea Selatan, semua operator 5G menggunakan BTS Samsung, Ericsson, dan Nokia, selain dari yang menggunakan peralatan Huawei. Dari pemasok ini, Samsung adalah yang terbesar, setelah mengirim 53.000 BTS dari total 86.000 BTS yang terpasang di negara tersebut pada saat itu.

Saat ini ada sembilan perusahaan yang menjual perangkat keras dan sistem radio 5G untuk operator yaitu Altiostar, Sistem Cisco, Datang Telecom, Ericsson, Huawei, Nokia, Qualcomm, Samsung dan ZTE.

Apa kelebihan jaringan 5G bibandingkan 4G?

Keuntungan paling nyata dari jaringan 5G dibandingkan 4G adalah kecepatan jaringan. Namun, ada juga keuntungan yang terkait dengan latensi yang berkurang, yang berarti waktu respons yang lebih cepat serta kecepatan unduh yang cepat.

Ini membuka banyak aplikasi potensial di seluruh industri karena peningkatan efisiensi operasional.

Di antara aplikasi untuk 5G adalah broadband super cepat tanpa perlu sambungan telepon rumah, telekomunikasi seluler 5G, pembuatan pabrik pintar, teknologi holografik, televisi, layanan kesehatan jarak jauh, dan mobil tanpa pengemudi dengan komunikasi 5G serta komunikasi mobil-ke-mobil.

Banyak dari kemajuan teknologi ini akan diberikan oleh latensi yang berkurang, memungkinkan perangkat 5G untuk merespons perintah lebih cepat.

Latensi adalah penundaan antara perintah yang dikeluarkan dan respons yang diterima. 3G memiliki latensi 65 milidetik, 4G canggih adalah sekitar 40 milidetik latensi, sementara broadband tetap memiliki latensi antara 10-20 milidetik.

kelebihan jarigan 5G

Sebagai perbandingan, 5G diharapkan beroperasi dengan latensi sesedikit 1 milidetik, memungkinkan aplikasi mission-critical dan Internet-of-Things beroperasi di bawah target 4 milidetik untuk layanan broadband seluler yang ditingkatkan.

Teknologi ini juga akan membanggakan kapasitas yang lebih besar daripada teknologi jaringan sebelumnya. Akan ada akses ke spektrum yang lebih besar pada frekuensi yang lebih tinggi, artinya jaringan akan dapat menangani lebih banyak aplikasi dengan permintaan tinggi secara bersamaan.

Ini berarti dapat memberikan pengalaman seperti aplikasi nirkabel tidak bergerak, memungkinkan mereka yang berada di area yang sulit dijangkau untuk menikmati layanan broadband yang sangat ditingkatkan.

Seperti disebutkan di atas, titik penjualan utama 5G berkaitan dengan kecepatan jaringan. Dengan beberapa mengklaim bahwa kecepatan puncak pada akhirnya bisa melebihi 10Gps.

Kecepatan awal ditetapkan lebih rendah, dengan EE mengklaim kecepatan puncak lebih dari 1Gps, yang masih rata-rata antara 100-150 Mbps lebih cepat dari kecepatan 4G, yang seharusnya sama dengan total sekitar 130-240 Mbps.

Sementara itu, jaringan Three membanggakan kecepatan puncak lebih dari 2Gps ketika mereka meluncurkan 5G.

Namun, ada faktor dunia nyata yang harus dipertimbangkan, seperti jarak Anda dari stasiun pangkalan dan berapa banyak orang lain yang terhubung ke jaringan pada saat yang sama.

Tetapi, bahkan dalam keadaan ini, pengguna mengalami kecepatan data untuk unduhan masih diharapkan menjadi minimum 100Mbps – yang masih jauh lebih cepat daripada dengan 4G.

Perbandingan kecepatan jaringan 5G dengan 4G dan 3G?

Jika 5G mencapai kecepatan data yang diharapkan 10 Gps, ini akan 100 kali lebih cepat dari 4G standar. Ini juga akan 30 kali lebih cepat dari standar 4G canggih seperti LTE-A. Intinya jaringan 5G akan jauh lebih cepat dari 3G dan 4G.

kecepatan jaringan 5G

3G memiliki kecepatan unduh rata-rata 8Mbps dan maksimum 384Kbps, 4G memiliki kecepatan unduh rata-rata 32,5MBps dan maksimum 100Mbps. 4G + memiliki rata-rata 42Mbps dan kecepatan unduh maksimum 300Mbps. Sedangkan 5G, sebagai perbandingan, memiliki kecepatan unduhan rata-rata 130-240Mbps dan maksimum teoritis 1-10Gbps.

Ini berarti, misalnya, bahwa akan diperlukan antara 4 dan 40 detik untuk mengunduh film HD penuh pada 5G, dibandingkan dengan lebih dari 7 menit pada 4G dan lebih dari sehari dengan 3G.

Apakah 5G akan menggantikan 4G?

5G menggantikan 4G

Tidak. 5G tidak akan menggantikan 4G dalam waktu dekat. Dengan beberapa perkiraan bahwa mungkin beberapa dekade sebelum 4G menghilang sepenuhnya. Secara teknis 5G dan 4G bisa bekerja secara terintegrasi, artinya jaringan 4G mungkin tidak akan hilang sepenuhnya.

Kapan peluncuran jaringan 5G diharapkan?

Peluncuran awal 5G akan tergantung pada infrastruktur 4G LTE yang ada. Peluncuran diharapkan terjadi di tempat tersibuk terlebih dahulu.

Sebagai contoh, Inggris akan melihat 5G diluncurkan di 26 kota antara 2019 dan akhir 2020. London, Birmingham, Manchester, Edinburgh, Cardiff, dan Belfast akan menjadi tempat pertama untuk mempersiapkan teknologi baru ini.

Apakah menggunakan 5G berarti membeli peralatan baru?

Ketika berbicara tentang telepon seluler, pada akhirnya akan ada kebutuhan untuk meningkatkan ke telepon 5G. Jika Anda tidak memiliki salah satu dari sedikit yang sudah ada di pasaran, seperti 5G LG V50 THINQ dan Xiaomi Mi Mix 3 5G smartphone.

Namun, dengan lebih banyak peralatan yang ditetapkan untuk mencapai pasar dalam 12 bulan ke depan dan waktu yang diharapkan untuk peluncuran penuh terjadi, tidak ada terburu-buru nyata untuk memutakhirkan handset Anda yang sudah ada.

Tinggalkan komentar