Cara Unreg Kartu Telkomsel yang Mati, Hilang, atau Hangus

Kartu Telkomsel yang sudah mati karena hangus habis masa aktifnya ataupun karena hilang perlu di unreg terlebih dahulu agar data-data Anda bisa tidak lagi tersangkut di sana. Kebijakan saat ini mengharuskan pengguna seluler melakukan registrasi kartu Telkomsel menggunakan NIK KTP dan KK dan setiap NIK hanya bisa digunakan untuk tiga nomor saja.

Ketika kartu AS atau Simpati yang Anda gunakan sudah hangus dan habis masa aktifnya, maka kartu tersebut tidak bisa lagi diselamatkan lagi. Sudah banyak kejadian seperti ini dan bila ini menimpa Anda maka relakan saja nomor tersebut.

Tapi yang perlu Anda perhatikan adalah data KTP dan KK yang ada di kartu tersebut masih terkait. Agar NIK bisa digunakan untuk nomor lain apabila Anda berniat mengganti nomor baru maka harus melakukan unreg terlebih dahulu. Pertanyaannya bisakah kita unreg kartu Telkomsel yang sudah mati? Untungnya jawabannya adalah bisa. Anda bisa melakukan dengan beberapa cara berikut ini.

1. Cara unreg kartu Telkomsel yang sudah mati dengan SMS

Cara pertama yang paling mudah adalah menggunakan SMS. Ini bisa Anda gunakan baik pada nomor AS dan Simpati yang mati karena hangus masa aktifnya habis, atau nomor tersebut hilang.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama buka aplikasi SMS pada HP Anda
  2. Ketik pesan dengan format berikut ini: UNREG#NIK
  3. Kirim SMS tersebut ke nomor 4444
  4. Apabila berhasil maka Anda akan menerima SMS pemberitahuan
  5. Contoh ketikan SMS yang benar: UNREG#3175000016278987
cara unreg kartu telkomsel yang sudah tidak aktif

Setelah berhasil melakukan unreg dengan SMS, maka data NIK KTP dan KK Anda yang masih terkait dengan nomor yang mati tersebut akan terhapus. Sekarang Anda sudah bisa menggunakannya untuk nomor yang baru.

2. Cara unreg kartu Telkomsel yang sudah hangus menggunakan kode dial

Selain menggunakan SMS, alternatif kedua untuk unreg nomor Telkomsel yang sudah hangus adalah menggunakan kode dial. Berbeda dengan cara pertama tadi, kita tidak perlu mengirim SMS tapi cukup menekan kode USSD untuk menampilkan menu unreg.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama buka aplikasi Telepon di HP Anda
  2. Ketik nomor berikut ini: *4444#
  3. Tekan panggil
  4. Tunggu hingga menu unreg muncul
  5. Selanjutnya pilih menu UNREG dengan cara mengetik nomor 3 lalu tekan kirim
  6. Masukkan 16 digit NIK Anda lalu tekan kirim
  7. Apabila berhasil maka Anda akan mendapatkan pemberitahuan
cara unreg kartu telkomsel yang sudah mati

Setelah mendapatkan pemberitahuan maka kartu AS atau Simpati Anda sudah berhasil di unreg. Apabila kode dial tidak berhasil atau muncul pemberitahuan “terjadi kesalahan jaringan” maka tunggu beberapa saat dan coba lagi, biasanya itu disebabkan karena jaringan sibuk dan akan baik dengan sendirinya.

3. Cara unreg kartu Telkomsel yang sudah tidak aktif dengan Simcard manager

Pada smartphone android maupun iphone terdapat fitur simcard manager yang akan otomatis muncul ketika Anda memasukkan kartu baru. Anda bisa mengaksesnya melalui menu aplikasi > sim card manager.

Dari sana akan ada menu-menu yang disediakan oleh operator. Pilih menu unreg kemudian masukkan data NIK yang Anda gunakan saat registrasi. Cara ini hanya bisa dilakukan apabila kartu yang mati tersebut masih ada sinyal, tapi kalau sinyal sudah hilang maka tidak bisa lagi.

4. Datang langsung ke Grapari Telkomsel

Anda juga bisa melakukan unreg kartu AS atau Simpati dengan cara datang langsung ke Grapari. Anda bisa menceritakan bahwa kartu Anda sudah melewati masa tenggang dan ingin di unreg agar bisa mengganti kartu baru.

Selagi ada kesempatan Anda juga bisa menanyakan apakah kartu tersebut sudah benar-benar tidak bisa diselamatkan. Pada kebanyakan kasus biasanya tidak bisa lagi, namun tidak ada salahnya mencoba.

Bila ternyata tidak bisa diaktifkan kembali, maka Anda bisa minta tolong untuk melakukan unreg kartu tersebut dan melepaskan data-data Anda.

Apakah wajib melakukan unreg kartu Telkomsel yang sudah mati?

Kartu AS maupun Simpati yang sudah mati sebenarnya tanpa dilakukan unreg pun datanya akan terhapus dengan sendirinya. Namun prosesnya membutuhkan waktu, tidak instan. Menjelang data terhapus dengan sendirinya tersebut maka data NIK dan KK Anda masih terkait pada kartu tersebut.

Seperti yang Anda tahu jika satu NIK hanya bisa digunakan untuk mendaftar tiga nomor berbeda. Apabila Anda masih punya jatah yang tersisa maka tidak perlu melakukan unreg pun tidak mengapa. Anda bisa langsung registrasi lagi kartu yang baru tersebut. Namun dari tiga jatah sudah terpakai semua maka mau tidak mau harus melakukan unreg.

Selain itu melakukan unreg sebenarnya lebih aman, karena nomor Telkomsel yang sudah mati akan diterbitkan ulang kembali dan dijual untuk umum. Kami tidak tahu pasti apakah pada saat diterbitkan kembali tersebut ada kemungkinan data-data pemilik lama masih tersangkut atau tidak, yang jelas agar lebih aman maka sebaiknya melakukan unreg terlebih dahulu.

4.7/5 - (72 votes)

Satu pemikiran pada “Cara Unreg Kartu Telkomsel yang Mati, Hilang, atau Hangus”

Tinggalkan komentar