Cara Registrasi Kartu Smartfren Baru, Lama, dan Kartu Perdana

Bagaimana cara registrasi Kartu Smartfren dengan mudah? Sebenarnya ada beberapa yang dapat dilakukan untuk melakukan registrasi kartu Smartfren baru maupun yang lama. Informasi berikut ini akan menjelaskannya untuk Anda.

Berdasarkan peraturan pemerintah, semua calon pelanggan dan pelanggan lama kartu prabayar diharuskan melakukan registrasi dengan memvalidasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) baik untuk pelanggan lama maupun calon pelanggan kartu Smartfren.

Cara registrasi dan daftar ulang kartu Smartfren

Setelah Menkominfo memberlakukan peraturan untuk melakukan registrasi bagi semua pelanggan lama dan calon pelanggan, operator telekomunikasi Smartfren pun turut gencar menghimbau para pelanggannya untuk segera melakukan registrasi dengan memvalidasi NIK.

Dengan adanya registrasi Kartu Smartfren, operator telekomunikasi akan lebih leluasa dalam memberikan kenyamanan dan kemudahan layanan bagi para konsumennya.

Terutama dalam memberikan perlindungan kepada pelanggan agar terhindar dari aksi kejahatan melalui penyalahgunaan layanan.

Hal tersebut juga sesuai dengan Peraturan Kominfo No 12/2016 yang sudah diamandemen ke Peraturan Menteri (Kominfo) No 14 Tahun 2017 bahwa calon pelanggan maupun pelanggan lama wajib melakukan registrasi ulang kartu SIM Smartfren menggunakan NIK dan Nomor KK.

Berikut ini kami jelaskan cara registrasi Kartu Smartfren yang bisa dilakukan oleh calon pelanggan maupun pelanggan lama:

Cara registrasi kartu Smartfren via SMS untuk pelanggan lama

Registrasi Kartu Smartfren bagi pelanggan lama dapat dilakuka dengan format sebagai berikut:

ULANG NIK#Nomor KK#

Kirim via SMS ke Nomor 4444

Contoh:

ULANG 3327678987654321#3327987654321234

Kirim via SMS ke nomor 4444

cara registrasi kartu smartfren lama

Cara registrasi kartu Smartfren via SMS untuk pelanggan lama

Sedangkan untuk format registrasi via SMS pelanggan baru Smartfren ialah sebagai berikut:

REG NIK#Nomor KK#

Contoh:

REG 3347123456789876#3347987654321234

Kirim SMS di atas ke nomor 4444

cara registrasi kartu smartfren baru

Cara registrasi kartu perdana Smartfren yang baru

Bagi pelanggan baru, Anda dapat melakukan registrasi Kartu Smartfren dengan mudah. Caranya yaitu saat baru pertama mengaktifkan kartu Smartfren, biasanya akan muncul jendela notifikasi untuk melakukan registrasi saat itu juga.

Anda tinggal ikuti petunjuk yang ada, masukkan Nama, Tempat dan Tanggal Lahir, dan Alamat. Barulah kemudian Anda akan diminta untuk memasukkan NIK dan Nomor KK.

Sesudah semua proses registrasi selesai, akan ada notifikasi bahwa registrasi telah berhasil dan Anda akan diminta untuk me-restart ponsel untuk dapat menikmati semua layanan komunikasi yang ada.

Baca juga: Cara melihat nomor Smartfren sendiri dengan mudah

Cara registrasi kartu Smartfren dengan datang langsung ke gerai

Bila Anda sudah mencoba semua cara registrasi namun masih belum juga berhasil, jalan satu-satunya ialah dengan datang langsung ke Gerai Smartfren terdekat yang Anda di kota Anda.

Di Gerai Smartfren, Anda akan dibantu petugas gerai untuk melakukan proses registrasi dari awal sampai selesai. Cara registrasi inipun dapat dilakukan secara gratis alias tanpa dipungut biaya sepeser pun.

Beberapa perlengkapan yang perlu dibawa antara lain Kartu Smartfren yang akan diregistrasi, Nomor Induk Kependudukan, dan Nomor Kartu Keluarga.

Begitu juga dengan WNA yang tinggal di Indonesia, satu-satunya cara untuk melakukan registrasi ialah dengan mendatangi langsung Gerai Smartfren terdekat.

Beberapa dokumen yang perlu disiapkan, antara lain Paspor/KITAS, ataupun KITAP. Petugas gerai Smartfren akan membantu WNA untuk melakukan verifikasi dengan mencatat nama, nomor paspor, tempat dan tanggal lahir, serta status kewarganegaraan yang bersangkutan.

Cara mengecek nomor Smartfren yang telah teregistrasi

Setelah selesai melakukan registrasi, biasanya proses ini akan berlangsung maksimal 1×24 jam. Untuk mengecek apakah registrasi berhasil atau tidak, Anda dapat coba menghubungi customer service online yang ada di halaman situs resmi Smartfren.

Selain itu Anda juga dapat mencari tahu nomor Smartfren mana saja yang telah teregistrasi menggunakan NIK dan Nomor KK yang sama. 

Layanan ini juga dapat Anda gunakan untuk memastikan tidak ada nomor Smartfren lain yang melakukan registrasi memakai NIK dan No KK Anda.

Jika Anda menemukan NIK dipakai untuk registrasi pada nomor ponsel lain yang tidak dikenali, Anda dapat langsung datang ke Gerai Smartfren untuk melakukan pembatalan registrasi (UNREG).

4.8/5 - (10 votes)

Tinggalkan komentar