cara melacak hp dengan imei

Cara Melacak HP dengan Nomor IMEI

Posted on

Bisa dikatakan hampir semua orang hari ini memiliki smartphone untuk mendukung aktivitas mereka. Jadi bukan sesuatu hal yang aneh jika masyarakat semakin bergantung dengan alat komunikasi ini.

Meskipun merupakan hal yang penting, namun banyak di antara kita yang lalai hingga seringkali lupa menyimpan, bahkan kehilangan hanphone tersebut.

Sekarang Anda tidak perlu terlalu panik. Lebih baik ambil langkah pasti untuk melacak keberadaan hp Anda dengan memanfaatkan IMEI.

Apa itu IMEI?

IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah nomor identitas handphone yang menyimpan berbagai jenis data penting Anda. Setiap handphone hanya memiliki satu atau dua nomor IMEI tergantung jumlah SIM yang digunakan dalam perangkat Androidnya, biasanya IMEI dari SIM 1 saja yang akan digunakan sebagai identitas resmi.

Pada umumnya IMEI berjumlah antara 15-16 digit, namun bisa juga tidak tergantung pada tingkat produktivitas handphone. IMEI yang dimiliki setiap handphone juga mempermudah operator untuk mengidentifikasi handphone yang sedang terhubung dalam jaringan.

Sebagai nomor identitas handphone, IMEI bisa digunakan untuk melacak handphone yang hilang.

Cara melacak HP dengan IMEI lewat situs Find My Phone Google

Sebelum menggunakan aplikasi ini, ada beberapa hal yang harus Anda pastikan, yaitu:

  • Pastikan Anda mengingat kode IMEI dari handphone yang hilang.
  • Jika tidak, minimal Anda punya kotak handphone tersebut.
  • Jika kamu tidak memilikinya, maka handphone tidak dapat dilacak menggunakan IMEI.
  • Ingat, ini tidak berlaku untuk handphone bekas, kecuali Anda sudah mencatat nomor IMEI dari handphone yang hilang tersebut.
  • Handphone yang sedang Anda lacak sedang aktif/tidak dalam keadaan mati.
    Anda mengktifkan mode lokasi (optional).

Pastikan semua syarat di atas sudah terpenuhi.

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melacak IMEI dengan Google:

Langkah1: Masuk ke situs Find My Phone Google. Pastikan Anda sudah terhubung dengan akses internet.

cara melacak handphone dengan imei 1

Langkah 2: Setelah itu masuk menggunakan Email dari handphone Anda yang hilang tadi.

Langkah 3: Masukan nomor IMEI handphone yang hilang, akan lebih mudah jika handphone tersebut sudah terhubung langsung dengan akun Google.

Kemudian tunggu beberapa menit lalu klik tanda seru.

Langkah 4: Jika sudah terdapat keterangan bahwa handphone android Anda sudah berhasil dilacak, Anda bisa langsung menuju lokasi untuk mengambil handphone tersebut.

Langkah 5: Setelah sampai di lokasi yang ditunjukkan, bunyikan handphone android Anda dengan memilih pilihan Putar Suara/Play Sound.

cara melacak handphone dengan imei 2

Langkah 6: Jika Anda mengikhlaskan handphone tersebut, pilihlah opsi Hapus Perangkat. Artinya Anda menghapus semua data yang ada dalam handphone tersebut.

cara melacak handphone dengan imei 3

Di zaman yang serba digital ini, menghapus semua data pribadi pada handphone yang hilang adalah langkah yang tepat untuk mengamankan akun dan data pribadi anda.

Kenapa?

Karena handphone yang hilang bisa dibeli lagi, namun jika data pribadi tersebar, akan sangat sulit untuk mengatasinya.

Perlu diingat, untuk melacak handphone dengan fitur Find My phone, Anda butuh jaringan internet, dan handphone yang kecurian juga harus dalam keadaan aktif.

Jika pencuri sengaja mematikan handphone dan menghapus semua data akun, fitur ini bisa memberitahu Anda lokasi terakhir sebelum handphone Anda dimatikan.

Melacak HP dengan IMEI melalui Gerai Operator

Cara lainnya ialah Anda bisa mengunjungi gerai operator penyedia jaringan yang Anda gunakan pada handphone Anda.

Hanya membawa nomor handphone dan nomor IMEI Anda, maka petugas akan memberitahu keberadaan ponsel Anda yang hilang.

Lagi-lagi, cara ini hanya bisa efektif untuk mendeteksi handphone yang hilang apabila GPS, koneksi internet, dan handphone Anda dalam kondisi aktif.

Dalam beberapa kasus, yang sering terjadi lokasi yang terdeteksi adalah lokasi terakhir saat handphone dalam keadaan menyala. Namun, jika handphone tersebut nonaktif, maka lokasinya tidak dapat terdeteksi.

Tips Supaya HP Dapat Dicari Waktu Hilang

Kesalahan umum dari sebagian besar pengguna Android adalah tidak mengatur beberapa opsi yang wajib disetting, untuk mengatasi handphone yang mungkin hilang sewaktu-waktu.

Sebelum handphone Anda hilang atau tercecer, berikut beberapa tips untuk memudahkan Anda dalam melakukan pencarian ketika handphone Anda hilang:

1. Selalu Nyalakan GPS

Mungkin 80% handphone Android keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan Fitur GPS. Fitur GPS ini akan sangat membantu untuk menemukan posisi handphone Anda yang hilang secara akurat.

Caranya cek di Settings > Locations > GPS > Nyalakan / ON.

2. Tetap menyalakan Koneksi Internet Anda

Koneksi Internet harus selalu dinyalakan. Karena itu, tetap mengaktifkan data seluler Anda sekalipun Anda biasanya lebih sering menggunakan WIFI.

3. Backup Data Secara Berkala

Jika handphone Anda hilang, maka sebagian besar data yang ada tidak bisa dikembalikan lagi.

Itu sebabnya di Device Manager hanya ada opsi reset. Oleh karenanya, sangat disarankan untuk selalu lakukan back up data Anda secara rutin dan berkala (Sebulan sekali misalnya).

4. Kunci HP Anda

Metode pelacakan handphone yang hilang atau tercecer, baik memakai IMEI seperti tadi, biasanya handphone harus tetap aktif.

Sebagian besar handphone sekarang baterainya sudah Non-Removable sehingga tidak bisa dimatikan dengan cara mencopot baterai.

Sehingga disini Anda hanya perlu mengunci handphonenya saja bisa dengan pola atau Fingerprint supaya tidak bisa dimatikan.

5. Selalu Jaga HP Anda

Hp yang hilang biasanya terjadi akibat lupa, kurang hati-hati atau bahkan keteledoran dari pemiliknya sendiri. Mulai sekarang tetap jaga handphone Anda agar tetap aman. Jangan meletakkan handphone secara sembarangan.

Cara Melacak IMEI

  1. IMEI juga bisa dilacak melalui menu About device” (tentang perangkat) di handphone atau bisa pula dengan mengetik kombinasi nomor *#06#.
  2. Namun, jika handphone Anda hilang dan Anda belum sempat mencatat nomor IMEI Khusus untuk handphone Android Anda, Google telah melakukan pembaruan aplikasi “Find My Device” untuk bisa melacak nomor IMEI di ponsel yang hilang.
  3. Pilih tombol ikon yang berlingkar merah untuk menampilkan nomor IMEI perangkat Android melalui aplikasi Find my Device Anda.
  4. Dalam pembaruan versi 2.2, pengguna handphone Android bisa melacak nomor IMEI handphonenya, lengkap dengan tanggal pendaftaran IMEI dan kapan terakhir dilihat.
  5. Setelah melakukan pembaruan aplikasi “Find My Device” melalui aplikasi Google Play Store, ketuk ikon “i” yang merujuk pada informasi perangkat.
  6. Di dalamnya akan terlihat dengan jelas jenis perangkat dan nomor IMEI Anda, serta pendaftaran pertamanya. Setelah mendapat nomor IMEI, Anda bisa melacaknya ke gerai operator seluler Anda untuk melacak ponsel atau melakukan pemblokiran.
  7. Nomor IMEI digunakan operator seluler untuk mengidentifikasi perangkat yang terdaftar pada jaringan mereka.

Jangan bersedih, Tetap Semangat dan Lakukan Usaha Maksimal

Tidak menutup kemungkinan, handphone yang hilang akan kembali ditemukan walaupun kemungkinannya sangat kecil. Jika upaya menggunakan IMEI belum berhasil, jangan patah semangat, masih banyak cara lain yang bisa Anda lakukan.

Walaupun hasilnya nihil, setidaknya Anda sudah berusaha maksimal dan mau tidak mau kamu harus membeli handphone penggantinya.

Demikian beberapa penanganan darurat yang bisa Anda lakukan untuk melacak handphone Anda yang hilang dengan menggunakan IMEI. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.